Dukung Kepala SMAN 2 Denpasar

Anindya Dewi

/ #75 Seragam = Equal

2014-01-10 14:12

Di sekolah saya dulu ada aturan yang melarang siswanya untuk mengenakan perhiasan.. Tujuannya bukan hanya untuk mencegah kejahatan yang terjadi pada anak2, tapi lebih sebagai upaya untuk menghilangkan identitas pembeda antara murid yang kaya dengan yang miskin..

Sekolah bukan hanya tempat untuk belajar mengenai ilmu pengetahuan, tapi juga tempat untuk belajar tentang nilai2 kesetaraan, dan seragam sekolah adalah salah satu bentuk penerapannya.. Dengan seragam diharapkan tidak ada identitas pembeda antar para siswa, tidak ada identitas pembeda antara Si Kaya dan Si Miskin, Si Sunda dan Si Batak, Si Muslim dan si Si Buddhist..

Saya mendukung pelarangan atribut agama, tapi saya tidak akan mendukung petisi ini sebelum memastikan bahwa tujuan pelarangan tersebut memang untuk menghilangkan identitas pembeda antar agama di kalangan siswa, karena setahu saya di Bali saat Hari Purnama siswa siswinya menggunakan pakaian adat ke sekolah, dan tentu hal ini tidak sesuai bertentangan dengan apa yang telah ditulis..