Lindungi Hak Beragama Muslim Uighur! Jangan Biarkan Muslim Uighur Menderita & Punah!

Lindungi Hak Beragama Muslim Uighur! Jangan Biarkan Muslim Uighur Menderita & Punah!


Uighur, populasi minoritas berjumlah 10 juta orang di Republik Rakyat China (Tiongkok) terus mengalami penindasan dan pengekangan dalam menjalankan kesehariannya. Suku Uighur yang sejak berabad lamanya hidup sebagai muslim dan mayoritas tinggal di daerah Xinjiang, wilayah otonom di Barat Laut China, telah bertahun-tahun diawasi pemerintahnya dalam menjalankan ibadah. Kini, Uighur semakin terpenjara dengan hadirnya camp-camp konsentrasi untuk “menghapus” pemahaman muslim Uighur sehingga melepaskan ajaran Islam yang telah dianut seumur hidup mereka; yang dalam istilah pemerintah China dianggap sebagai “re-edukasi”. (https://www.aljazeera.com/indepth/opinion/china-holds-million-uighur-muslims-concentration-camps-180912105738481.html )


Penindasan terhadap mereka tidak berhenti sampai di sana. Perlengkapan ibadah mereka dirampas (Al-Quran, sajadah) hijab dan pakaian yang mencerminkan Islam pun dilarang, hingga ada aturan ketat tentang janggut yang harus dipangkas. Saat Ramadhan tiba, mereka dilarang berpuasa dan siang hari harus menyantap makanan dan minuman yang haram bagi muslim (alkohol, daging babi, dan lain-lain). Ancaman dan persekusi terus mereka alami, namun berita menahun ini luput dari mata dunia. (https://dunia.tempo.co/read/1156408/pusat-detensi-uighur-mirip-kamp-konsentrasi-semasa-perang/full&view=ok)


Meminjam istilah Profesor hukum Amerika, Khaled Beydoun, pemerintah China telah menganggap Islam sebagai “sakit jiwa” yang harus disembuhkan dengan segala cara (https://www.aljazeera.com/indepth/opinion/china-islam-mental-illness-cured-181127135358356.html).

 

Akankan kita diam saat jutaan jiwa tertindas? Mari tanda tangani petisi ini! Suara kita dapat melindungi kehidupan Uighur.


Kami “Komunitas Peduli Muslim Uighur” menyerukan kepada Pemerintah Indonesia khususnya Kementerian Luar Negeri, DPR RI, untuk mengambil sikap dalam penyelamatan dan perlindungan hak asasi manusia (HAM) saudara Uighur di China melalui langkah strategis dan bantuan nyata untuk mereka!


Serta meminta Presiden RI, Joko Widodo, untuk menjalankan mandat pembukaan UUD 1945, menentang segala bentuk penjajahan dan ketidakadilan, sekaligus menjalankan politik bebas dan aktif.

#LindungiUighur #SaveUighur

e1214929e8724600ba4483d015d70f31_18.jpg


Komunitas Peduli Muslim Uighur    Hubungi penulis petisi

Tandatangani petisi ini

Dengan menandatangani, saya memberi izin pada Komunitas Peduli Muslim Uighur untuk menyerahkan tanda tangan saya kepada pihak-pihak yang berwenang terhadap persoalan ini.


ATAU

Anda akan menerima surel berisi tautan untuk mengonfirmasikan tanda tangan Anda. Untuk memastikan Anda menerima email kami, harap menambahkan info@petisionline.net ke daftar kontak/buku alamat atau daftar pengirim aman (safe senders list) Anda.

Iklan Berbayar

Kami akan mengiklankan petisi ini ke 3000 orang.

Ketahui lebih banyak...